Salah satu pertanyaan yang sering dijumpai saat berjualan online adalah bagaimana cara meyakinkan calon pembeli. Berikut beberapa tip yang dapat anda terapkan untuk meyakinkan calon pembeli di blog
Perbarui blog secara berkala
hal ini memang sederhana, namun bisa membawa dampak yang luar biasa. Jika anda memanfaatkan blog untuk promosi, maka lakukanlah blogging secara berkala. Kirimkan tulisan – tulisan terbaru secara rutin. Misalkan anda bisa membuat jadwal posting rutin, yaitu merilis posting terbaru tiap minggu
Tampilkan alamat dan kontak
berikutnya, tampilkan juga alamat dan kontak anda. Jadikan anda mudah dihubungi oleh calon pembeli. Anda bisa cantumkan alamat email, nomor handphone/telepon bisnis anda, atau info kontak lainnya. pastikan juga anda cepat merespon pertanyaan ataupun pesan yang dikirim calon pembeli.
Tampilkan testimony
Salah satu cara paling ampuh untuk meyakinkan calon pembeli adalah dengan menampilkan testimony. Tentunya testimony dari pelanggan yang puas dan sudah pernah menggunakan produk kita. testimoni bisa anda tampilkandi halaman penawaran, di posting yang anda tulis, ataupun di satu halaman khusus yang anda sediakan di blog.
untuk mendapatkan testimoni dari pelanggan, ada berbagai cara yang dapat digunakan. misalnya dengan meminta secara langsung pada mereka. ketika anda selesai mengerjakan suatu pekerjaan untuk klien, mintalah mereka memberikan review dengan komentar atas pekerjaan anda. minta pula izin untuk menampilkan review/komentar di blog anda.
Tampilkan keahlian anda
ada satu artikel bagus diinternet. artikel tersebut berjudul 12 ways to increase online sales yang dipublikasikan di entepreneur.com dalam artikel tadi, penulisnya membahas 12 cara untuk meningkatkan penjualan di internet. Salah satu cara yang di anjurkan adalah menampilkan kredibiltias kita pada halaman penawaran. Mengadopsi cara tersebut, kita bisa melakukan sejumlah hal berikut untuk meyakinkan calon pembeli
- Tampilkan keahlian dan profil anda di blog. Salah satunya bisa melalui halaman profil yang kita buat di blog. Dalam halaman tersebut, ceritakan latar belakang anda (pengalaman karir, latar belakang pendidikan, atau keahlian) yang dapat meyakinkan calon pembeli/pengguna jasa anda.
- Lakukan kegiatan berbagi informasi dan solusi. Dalam konten – konten blog, berikanlah solusi – solusi yang dapat membantu pembaca dengan berbagai solusi, anda dapat menunjukan bahwa anda ahli dalam bidang tersebut. dengan demikian, pembaca blog akan lebih yakin untuk menggunakan jasa/produk anda.
- Tampilkan liputan media yang pernah anda dapatkan. Liputan media juga membantu meningkatkan kepercayaan terhadap anda. Jika anda pernah diliput media (missal dimuat di Koran, tampil di radio dan televise, atau ditulis dalam buku/majalah/situs berita online), maka tampilkan liputan tersebut di blog. bisa juga tampilkan hal tersebut di halaman penawaran produk/jasa.
Dari buju marketing revolution yang ditulis tung desem waringin, saya belajar bahwa tugas seorang pemasar adalah memberikan nilai tambah sebanyak mungkin bagi pembeli dan mengurangi resiko yang dihadapi oleh pembeli.
Ketika kita berhasil memberikan nilai tambah yang banyak plus mengurangi resiko yang dihadapi pembeli, pembeli pasti mau membeli produk kita. salah satu cara untuk meminimalkan risiko pembeli adalah dengan memberi geransi. dengan memberikan garansi, kita seolah memberi tahu pada calon pembeli bahwa mereka tak perlu takut, sebab kita memberi jaminan.
Ajak calon pembeli mencoba produk anda
Ketika ada restoran yang baru buka, biasanya si pemilik restoran kerap memberikan diskon besar – besaran. Misalkan diskon 50% untuk semua produk selama priode tertentu. Kenapa diskon diberikan? Tentu tujuannya adalah menarik minat orang – orang untuk mencoba produk dari restoran baru tersebut.
kita juga bisa mengajak calon pembeli untuk menciba produk kita misalnya dengan mengadakan diskon/potongan harga untuk menjaring calon pembeli/klien/pengguna. misalkanya oleh aplikasi - aplikasi transportasi online. para penyedia aplikasi transportasi online kerap memberikan diskon terhadap pengguna - penguna baru.
cara ini digunakan untuk menarik minat masyarakat agar memakai produk mereka. Intinya, ajak orang – orang untuk mencoba produk/jasa anda. Jika produk/jasa anda benar – benar berkualitas dan memuaskan pengguna, tentu mereka pasti akan kembali memakai produk anda.
sumber: jefferly helianthusonfri
BACA JUGA :
- Berjualan online dengan apa saja yang dibutuhkan
- Berjualan online dengan tiga cara menawarkan produk melalui blog
- Berjualan online dengan membuat halaman penawaran produk
- Berjualan online dengan menghadirkan banner promosi di blog
- Berjualan online dengan menyelipkan promosi di artikel
- Berjualan online dengan meyakinkan calon pembeli
0 komentar:
Post a Comment