SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA SEMOGA MENDAPATKAN INFORMASI TERBAIK SESUAI KEBUTUHAN ANDA.

Metode Simpel Menghemat BBM

Kita tahu kian hari kian banyak kendaraan bermotor, sehingga konsumsi BBM juga kian meningkat. Hal ini yang kemudian menyebabkan persediaan BBM juga kian menipis, sehingga berdampak juga dengan tingginya harga BBM. Untuk itu, kita seharusnya bisa mengontrol bagaimana caranya supaya kita dapat hemat BBM. Berikut ini ada sebagian metode mahir tetapi juga amat simpel yang dapat kau lakukan untuk menghemat BBM.

Ubah gaya mengemudi. 
Mulai kini mengemudilah dengan metode yang halus, dan jangan menekan pedal rem dan gas dengan agresif. Kalau kau menginjak pedal rem atau pedal gas dengan tiba-tiba, hal ini dapat meningkatkan konsumsi BBM. Dan ketika kau mengemudi di jalan tol, jaga kecepatan 10 hingga 20 km/jam, di bawah batas kecepatan maksimum, dan selalu memindah transmisi pada putaran mesin dibawah 3000 rpm untuk kendaraan beroda empat bensin, dan 2300 rpm untuk kendaraan beroda empat diesel. 

Lakukan perawatan & servis kendaraan. 
Banyak sekali pengendara yang mengabaikan perawatan secara terpola . Hal ini ditujukan untuk mengurangi pengeluaran, sedangkan sesungguhnya hal ini justru akan kian membebani pengeluaran kau. Kalau} perawatan ditunda-tunda, karenanya tanpa kau sadari dalam rentang panjang saringan udara akan tersumbat, mesin yang lama tak menerima perawatannya akan kian boros BBM, dan oli mesin yang tak diganti secara terpola bekerjanya kurang tepat sasaran.

Jadi, sebaiknya lakukan servis dan perawatan secara teratur dan jangan pakai onderdil bajakan, agar kendaraan kau konsisten awet dan hemat BBM serta hemat pula pengeluaran.

Tingkatkan aerodinamika. 
Pada kendaraan beroda empat contoh ketika ini banyak yang dilengkapi dengan bagian sebagai pemanis tampilan dan juga untuk melancarkan aliran udara pada permukaan badan kendaraan beroda empat. Kalau kau mempunyai kendaraan beroda empat MPV atau sedan besar, jangan pasang kargo atap dan produk roof rack jika tak diperlukan. Karena, saat kendaraan beroda empat menempuh kecepatan melebihi 50 km/jam, kedua bagian di atas bisa menghalangi angin dan konsumsi BBM kian meningkat.

Sesuaikan tekanan angin ban. 
Kau seharusnya dapat menyesuaikan tekanan angin ban dengan ukuran, tipe, pola tapak, dan kapasitas bobot ban agar karakteristik pengontrolan, traksi, dan energy bendung ban cocok dengan yang harus. Kalau pada kendaraan beroda empat modern, sudah dicantumkan info perihal tekanan ban yang cocok, dan ini terdapat pada label plakat di sisi pintu dalam pengemudi.

Ban yang kempes terbukti bisa memberi pengaruh meningkatnya konsumsi BBM dan keadaan ban akan pesat aus. Jadi, pastikan kau periksa tekanan ban sesudah mengisi BBM di SPBU.

Kurangi bobot yang tak dibutuhkan. 
Jangan mengangkut sesuatu yang tak diperlukan, dan jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi dengan jendela yang terbuka sehingga bisa mengakibatkan hambatan angin dan turbulensi udara dalam kabin. Untuk menghemat BBM kau juga seharusnya mengurangi {temperatur} AC adalah sekitar 2 atau 3 putaran saja.
sumber : http://www.gen22.net
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

TERIMAKASIH SELAMAT BERKUNJUNG KEMBALI DA.DA..........